Pages

Sabtu, 13 November 2010

ENGLISH TEKS



                          ENGLISH TEKS 
3 jenis teks, yaitu:
v     Monolog,
v     Fungsional, dan
v     Dialog.
Dimana masing-masing jenis teks memiliki sub-sub teks. Seperti teks Monolog, terdiri dari 5 genre (Descriptive, Narative, Recount, Report, dan Procedur), Teks Fungsional (wah macem-macem, seperti shopping list, instruksi, notice, pengumuman, larangan, petunjuk, iklan lowongan, dll), serta teks Dialog yang terdiri dari 2 macam, yaitu dialog Interpersonal dan Transaksional.

Teks Fungsional

Article Index
Teks Fungsional
Notice
Shopping List
Instruction
Vacancy
Invitation
All Pages

Saat berada di tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, bank, mall, dll, perhatikan teks-teks yang ada di sekitarmu. Ada yang berupa petunjuk, perintah, pengumuman, larangan, atau himbauan, dll. Dalam pelajaran Bahasa Inggris, teks-teks tersebut disebut dengan teks fungsional.


Jadi dapat dikatakan bahwa Functional Text adalah teks khusus yang berisi perintah, pengarahan, sesuatu yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan yang dapat berupa pesan singkat (short message), daftar belanja (shopping list), peringatan (notice), pengumuman (announcement), instruksi (instructuion) dan lain-lain yang mengandung makna dan digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Dalam beberapa literatur, simbol-simbol tertentu seperti simbol lalu-lintas yang hanya berisi simbol tanpa teks juga dikategorikan teks fungsional.

Teks Fungsional - Notice
NOTICE

 Caution Wet Floor

Artinya kira-kira "hati-hati, lantai basah" teks ini biasanya kita temui di mall, bandara, convention hall, restoran, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengingatkan orang-orang agar berhati-hati bahwa di situ lantainya sedang basah karena habis dipel.

 Please Do not Disturb

Artinya "Mohon jangan diganggu". Teks ini biasanya berbetuk sebuah gantungan yang digantung pada pintu kamar hotel. Tanda ini mengisyaratkan bahwa penghuni kamar tersebut sedang tidak ingin diganggu.

  No Parking

Sign yang ini pasti dah tahu, artinya dilarang parkir. Ada tambahan kata any time yang maksudnya tidak boleh parkir kapanpun. Trus tanda panah kanan kiri menunjukkan pada kita bahwa larangan itu tidak hanya berlaku di tempat rambu tersebut namun juga di sebelah kanan dan kiri hingga jarak tertentu dari rambu tersebut
Teks Fungsional - Vacancy
VACANCY

 Vacancy artinya Lowongan. Biasanya terdapat di media massa dan internet.


Teks Fungsional - Shopping List

SHOPPING LIST

 Shopping list artinya daftar belanjaan. Kalo yang ini nih kayaknya cocoknya untuk orang yang sering lupa dengan rencana belanjanya. hehehe.


Teks Fungsional - Instruction

INSTRUCTION
Instruction atau instruksi merupakan teks yang bertujuan untuk menunjukkan cara-cara untuk melakukan sesuatu. Contoh lain seperti instruksi cara menyajikan mie instant yang dicantumkan pada kemasannya. Cobalah Bedakan dengan procedure text.


Teks Fungsional - Invitation  

INVITATION
Invitation adalah undangan. Pada gambar 1 dan 3 tertulis RSVP. Arti dari RSVP bisa kalian klik disini





Teks Monolog
Terdapat  5 teks monolog yang akan kalian pelajari, yaitu: Descriptive, Narrative, Recount, Procedure, dan, Report.  Explore dan pelajari masing-masing teks tersebut. Nah dibawah ini ada beberapa artikel menyangkut teks monolog secara umum.

Descriptive

Teks Descriptive adalah teks yang isinya mendiskripsikan sesuatu/ seseorang secara spesifik.

Generic Structure:
identification – description

Identification:
berisi identifikasi tentang topik yang akan dideskripsikan

 Description:
berisi deskripsi rinci tentang bagian-bagiannya, misalnya tentang physical appearance (ciri-ciri fisik), sifat-sifatnya (characteristics) dll.

 Tenses yang digunakan adalah Present tense.

Contoh-contoh judul teks descriptive:

The Ambarawa Train Museum, Museum Sejarah Jakarta, ISSIS Café, My friend Miranda, dll.

 Judul-judul diatas spesifik menjelaskan sesuatu. Seperti “The Ambarawa Train Museum” menjelaskan secara detail hanya museum kereta api Ambarawa. Akan berbeda jika judulnya misalkan “The Museums” dimana teksnya akan menjelaskan kondisi museum-museum pada umumnya, teks ini akan disebut teks report.

PRAMBANAN TEMPLE
Prambanan is the largest Hindu temple compound in Central Java in Indonesia, located approximately 18 km east of Yogyakarta.

The temple is a UNESCO World Heritage Site and is one of the largest Hindu temples in south-east Asia. It is characterised by its tall and pointed architecture, typical of Hindu temple architecture, and by the 47m high central building inside a large complex of individual temples.


It was built around 850 CE by either Rakai Pikatan, king of the second Mataram dynasty, or Balitung Maha Sambu, during the Sanjaya Dynasty. Not long after its construction, the temple was abandoned and began to deteriorate. Reconstruction of the compound began in 1918. The main building was completed in around 1953. Much of the original stonework has been stolen and reused at remote construction sites. A temple will only be rebuilt if at least 75% of the original stones are available, and therefore only the foundation walls of most of the smaller shrines are now visible and with no plans for their reconstruction.

The temple was damaged during the earthquake in Java in 2006. Early photos suggest that although the complex appears to be structurally intact, damage is significant. Large pieces of debris, including carvings, were scattered over the ground. The temple has been closed to the public until damage can be fully assessed. The head of Yogyakarta Archaeological Conservation Agency stated that: “it will take months to identify the precise damage”. However, some weeks later in 2006 the site re-opened for visitors. The immediate surroundings of the Hindu temples remain off-limits for safety reasons.
ARTINYA :
Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Jawa Tengah di Indonesia, terletak sekitar 18 km sebelah timur Yogyakarta.

Candi ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Hal ini ditandai dengan arsitektur yang tinggi dan runcing, khas arsitektur candi Hindu, dan bangunan pusat 47m tinggi di dalam sebuah kompleks besar candi individu.


Itu dibangun sekitar 850 Masehi oleh Rakai Pikatan baik, raja dari dinasti Mataram kedua, atau Balitung Maha Sambu, semasa Dinasti Sanjaya. Tidak lama setelah dibangun, candi ini ditinggalkan dan mulai memburuk. Rekonstruksi senyawa ini dimulai pada 1918. Bangunan utama diselesaikan di sekitar tahun 1953. Sebagian besar bangunan batu asli telah dicuri dan digunakan kembali di lokasi konstruksi terpencil. Sebuah candi hanya akan dibangun jika setidaknya 75% dari batu asli yang tersedia, dan karena itu hanya dinding dasar sebagian besar kuil yang lebih kecil sekarang terlihat dan dengan tidak ada rencana untuk rekonstruksi mereka.

Candi yang rusak pada saat gempa bumi di Jawa pada tahun 2006. Foto awal menunjukkan bahwa walaupun kompleks tampaknya struktural utuh, kerusakan signifikan. potongan besar puing, termasuk ukiran, bertebaran di atas tanah. Candi ini telah ditutup untuk publik sampai kerusakan dapat sepenuhnya dinilai. Kepala Badan Konservasi Arkeologi Yogyakarta menyatakan bahwa: "akan memakan waktu berbulan-bulan untuk mengidentifikasi kerusakan yang tepat". Namun, beberapa minggu kemudian pada tahun 2006 situs ini kembali dibuka untuk pengunjung. Lingkungan sekitarnya candi Hindu tetap mati-batas untuk alasan keamanan.

Narrative

            Narrative Text adalah teks yang berisi tentang sebuah cerita atau dongeng (bisa berupa cerita rakyat (folktale), cerita binatang (fable), Legenda (legend), cerita pendek, dll). Di dalamnya terdapat konflik/puncak masalah yang diikuti dengan penyelesaian. Fungsi utama teks ini adalah untuk menghibur pembaca.


Generic Structure:

Orientation - Complication - Evaluation (optional) – Resolution
Orientation:
berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana)

Complication:
Berisi puncak masalah/konflik dalam cerita. Sebuah cerita boleh memiliki complication lebih dari satu

Evaluation:
ini merupakan optional (boleh ada boleh tidak), biasanya dipakai untuk membuat jalan cerita lebih menarik.

Resolution:
Pemecahan masalah. Bisa berakhir dengan kegembiraan (happy ending) bisa pula berakhir dengan kesedihan (sad ending).

Timun Mas
Once upon a time, not far from a jungle, lived husband and a wife. They were farmers. They were diligent farmers and always worked hard on the paddy fields. They had been married for many years and still not have a child yet. Every day they prayed and prayed for a child.
One night, while they were praying, Buto Ijo a giant with supranatural powers passed their house. He heard they pray. "Don't worry farmers. I can give you a child. But you have to give me that child when she is 17 years old," said Buto Ijo. The farmers were so happy. They did not think about the risk of losing their child letter and agree to take the offer. Later, Buto Ijo gave them a bunch of cucumber seeds. The farmers planted them carefully. Then the seeds changed into plants. No longer after that, a big golden cucumber grew from plants. After it had ripe, the farmers picked and cut it. They were very surprised to see beautiful girl inside the cucumber. They named her Timun Mas or Golden Cucumber. Years passed by and Timun Mas has changed into a beautiful girl. On her 17th birthday, Timun Mas was very happy.
 However, the parents were very sad. They knew they had to keep their promise to Buto Ijo the giant but they also did not want to lose their beloved daughter. "My daughter, take this bag. It can save you from the giant," said father. "What do you mean, Father? I don't understand," said Timun Mas.
 Right after that, Buto Ijo came into their house. "Run Timun Mas. Save your life!" said the mother. Buto ijo was angry. He knew the farmers wanted to break their promise. He chased Timun Mas away. Buto Ijo was getting closer and closer. Timun Mas then opened the bag and threw a handful of salt. It became sea. Buto Ijo had to swim to cross the sea. Later, Timun Mas threw some chilly. It became a jungle with trees. The trees had sharp thorns so they hurt Buto Ijo. However, he was still able to chase Timun Mas. Timun Mas took her third magic stuff. It was cucumber seeds. She threw them and became cucumber field. But Buto Ijo still could escape from the field. Then it was the last magic stuff she had in the bag. It was a shrimp paste or terasi. She threw it and became a big swamp. Buto Ijo was still trying to swim the swamp but he was very tired. Then he was drowning and died.

            Timun Mas then immediately went home. The farmers were so happy that they finally together again.

Fable
            Fable atau Fabel merupakan cerita atau dongeng dengan tokoh utamanya adalah hewan . Lebih jauh lagi fabel merupakan dongeng adalah cerita ringkas, dalam prosa atau puisi, yang menampilkan hewan, tumbuhan, benda-benda mati, atau kekuatan alam yang dipersonifikasikan layaknya manusia. Tujuan utama fabel selain menghibur adalah untuk pendidikan terutama kepada anak-anak. Ajaran moral, nilai-nilai, konsep sebab-akibat dsbyang sulit dicerna anak-anak, akan lebih mudah dipahami bila disampaikan dalam bentuk lain seperti fabel.





The Two Frogs

One night two frogs found themselves in a dairy. Hopping and jumping around as frogs do. They both jumped into a milk pail half full of milk.
After swimming around for some time they tried to get out. But the inside of the pail was too slippery and there was nothing on which they could rest so that they could jump out. One frog thought it was useless trying to swim on and just gave up hope and sunk and was drowned.
The other carried on swimming hoping against hope that something would turn up. He swam and swam until he began to feel tired. But by this time the milk which was full of cream had become thick. When the frog had swum some more the cream had been stirred so much that it became a solid lump of butter.

On this the frog could scramble and rest. And from it he could easily jump out of the pail into safety.

Dua Katak

Suatu malam dua katak menemukan diri mereka dalam sebuah susu. Melompat dan melompat-lompat seperti katak lakukan. Mereka berdua melompat ke setengah seember susu penuh dengan susu.
Setelah berenang sekitar selama beberapa waktu mereka mencoba untuk keluar. Tapi bagian dalam ember itu terlalu licin dan tidak ada yang mereka bisa beristirahat sehingga mereka bisa melompat keluar. Satu katak pikir itu sia-sia mencoba untuk berenang di dan hanya menyerah harapan dan tenggelam dan tenggelam.
Yang lain terus berenang dengan harapan bahwa sesuatu akan muncul. Dia berenang dan berenang sampai ia mulai merasa lelah. Tapi kali ini susu yang penuh dengan krim telah menjadi tebal. Ketika kodok itu berenang lagi krim telah membangkitkan begitu banyak sehingga menjadi benjolan padat mentega.

Pada katak berebut bisa dan beristirahat. Dan dari itu ia dengan mudah bisa melompat keluar dari ember ke
dalam keselamatan.

Recount  

            Recount adalah teks yang menyampaikan serentetan peristiwa/ kejadian /pengalaman yang terjadi pada waktu lampau. Kadangkala recount juga bermaksud untuk menghibur pembaca.

 Generic structure:

Orientation - event (s) - reorientation.

Maksud dari event (s) adalah bahwa even yang terjadi bisa lebih dari satu, sedangkan Reorientation adalah optional (boleh ada boleh tidak).

Tenses yang digunakan selalu Past Tense. Kenapa? Tentu saja karena recount mencerikan peristiwa yang terjadi di masa lampau. Sudah jelaskan?.

Namun tidak semua peristiwa yang terjadi pada masa lampau adalah recount. Coba simak artikel Membedakan Recount dengan Narrative



In The Sunny Day

Last weekend, my family and I went to Rongkang beach near our grandparents' house. The day was sunny and hot, of course. It was on June. That's why the day was very bright. In our country, Indonesia, We had two seasons. They were dry season and rainy season. The dry season started from May and lasted for 5 months. While, rainy season started from November and ended in March. The view was so beautiful. There were many people at the beach. Most of them were teenagers.

We were having fun. We built a sandcastle. We had to rebuild twice before it really stoodup. The first attempt failed because we built it too close to the water. And the second attempt, the successful one, was just right. The spot we chose was not too close to the water and the mixture was good.

Our parents loved our work. Some people who passed our castle loved it, too. They even took pitures near our castle. We were so proud of our work that day.
Dalam Hari Sunny

Akhir pekan lalu, saya dan keluarga saya pergi ke Rongkang pantai dekat rumah kakek-nenek kita '. Hari itu cerah dan panas, tentu saja. Saat itu pada bulan Juni. Itu sebabnya hari itu sangat cerah. Di negara kita, Indonesia, Kami memiliki dua musim. Mereka musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau dimulai dari bulan Mei dan berlangsung selama 5 bulan. Sementara, musim hujan dimulai dari bulan November dan berakhir pada bulan Maret. Pemandangan itu begitu indah. Ada banyak orang di pantai. Kebanyakan dari mereka adalah remaja.

Kami bersenang-senang. Kami membangun sebuah istana pasir. Kami harus membangun kembali dua kali sebelum itu benar-benar stoodup. Upaya pertama gagal karena kami membangun terlalu dekat dengan air. Dan upaya kedua, yang sukses, adalah tepat. Tempat kami memilih tidak terlalu dekat dengan air dan campuran itu baik.

Orangtua kami mencintai pekerjaan kami. Beberapa orang yang lewat benteng kita menyukainya juga. Mereka bahkan mengambil pitures dekat puri kami. Kami sangat bangga dengan pekerjaan kami hari itu.


Report

Report merupakan teks yang isinya menggambarkan sesuatu secara apa adanya sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Oleh karena itu sebelum Anda menulis teks Report, Anda harus melakukan pengamatan sistematis. Yang Anda deskripsikan bisa meliputi gejala alam, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala- gejala sosial.

            Deskripsi sebuah teks report dapat berupa simpulan umum misalnya tentang rumah sederhana dengan mendekripsikan ciri-ciri subyek tersebut sehingga layak dikategorikan rumah sederhana, dsb.

Tujuan Komunikatif Report: Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang dideskripsikan dapat meliputi gajala alam, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala- gejala sosial.

 Generic Structure: General Classification – Description.

 Tenses yang digunakan adalah Present Tense.

 Ciri Kebahasaan:
General nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’.
Relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini berlaku untuk semua reptilia).
Action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly.
Present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons usually weight more than 160 kg.
Istilah teknis, misalnya water contains oxygen and hydrogen. paragraf dengan topik sentence untuk menyusun sejumlah informasi.

 Penting juga untuk kalian ketahui perbedaan report dengan descriptive seperti yang diuraikan pada artikel Membedakan Descriptive dengan Recount.

Music

Music may be defined as the art of organizing sounds and silences into meaningful patterns. Music is one of the oldest arts. In the world history, every civilization is accompanied by any form of music. Thus, music is a part of every civilization.

There are many kinds of music, such as a classical music, waltz, jazz, pop music, and rock'n roll music. In this text we are going to discuss about jazz music.

Jazz began in the early 20th century as a music of black Americans. It was intended for singing, dancing, entertaining and party atmosphere. Since then, jazz continued to develop. There are many leading singers, instrumentalists, and composers in the world. Jazz also influenced almost every other kind of music. Jazz represents a blending of musical elements from Africa and from Europe. Jazz uses some European ideas of harmony and melody, but the rhythms are more African in origin. It is irregular in rhythm.

Jazz has also developed in Indonesia. Most people in Indonesia know who Ireng Maulana is. He and his band often appear on television. His band is one of the leading jazz music bands.

Musik

Musik dapat didefinisikan sebagai seni mengatur suara dan keheningan menjadi pola yang bermakna. Musik adalah salah satu seni tertua. Dalam sejarah dunia, setiap peradaban disertai dengan segala bentuk musik. Dengan demikian, musik adalah bagian dari setiap peradaban.

Ada banyak jenis musik, seperti musik klasik, waltz, jazz, musik pop, dan musik rock'n roll. Dalam teks ini kita akan membahas tentang musik jazz.

Jazz dimulai pada awal abad 20 sebagai musik Amerika hitam. Hal itu dimaksudkan untuk menyanyi, menari, menghibur dan suasana pesta. Sejak itu, jazz terus berkembang. Ada banyak penyanyi terkemuka, instrumentalis, dan komposer di dunia. Jazz juga dipengaruhi hampir setiap jenis musik lain. Jazz merupakan campuran dari unsur-unsur musik dari Afrika dan dari Eropa. Jazz menggunakan beberapa ide Eropa harmoni dan melodi, tapi ritme lebih Afrika di asal. Hal ini tidak teratur dalam irama.

Jazz juga telah mengembangkan di Indonesia. Kebanyakan orang di Indonesia tahu siapa Ireng Maulana ini. Dia dan bandnya sering tampil di televisi. band Nya adalah salah satu band musik jazz terkemuka.


Procedure  

Teks Prosedur adalah teks yang isinya mengenai langkah-langkah/step bagaimana
membuat/ melakukan sesuatu.

Generic Structure: Aim/Goal - Materials – Steps
- Aim/Goal (tujuan), terdapat pada judul
- Material (bahan dan alat)
- Steps (langkah-langkah)

Ciri-ciri kebahasaan teks ini antara lain sebagai berikut:


- Tenses yang digunakan adalah Simple Present

 - Pola kalimatnya dominan kalimat imperative (perintah) seperti: Don't, cut, mix,
   stir, pour, dan sebagainya, yang semua kata-kata tersebut merupakan action verb.

- Dipakainya Connectives untuk mengurutkan kegiatan atau action-action yang

  ada seperti :then, while, the next, after, dll.


- ada pula Adverbials  untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat,
   misalnya for two minutes, two centimeters from the top, dll.

How to Make Orange Tea

Ingredients: 1 orange, sweet tea, soda drink (use uncoloured soda), and ice.

Utensils: Jug, knife, spoon, and drinking glass.

Method:

1. Cut the orange into circle shapes, try to cut it thinly.

2. Put the cut orange and ice into jug.

3. Pour the soda drink into the jug.

4. Add the already prepared sweet tea.

5. Stir the ingredients in the jug well.

6. After pouring the orange tea in a glass, you can decorate the brim of the glass with left over orange pieces.

Cara Membuat Teh Orange

Bahan: 1 jeruk, teh manis, minuman soda (gunakan uncoloured soda), dan es.

Alat-alat: Jug, pisau, sendok, dan gelas minum.

Metode:

1. Potong jeruk menjadi bentuk lingkaran, cobalah untuk memotongnya tipis.

2. Masukkan jeruk dipotong dan es ke dalam kendi.

3. Tuangkan minuman soda ke dalam tabung.

4. Tambahkan teh manis yang telah disiapkan.

5. Aduk bahan dalam tabung dengan baik.

6. Setelah menuangkan teh jeruk di gelas, Anda dapat menghias pinggiran kaca dengan sisa buah jeruk.



0 komentar:

Posting Komentar